Ads - After Header

Contoh Surat Resign Wa

Dani M Iskandar

Pada era digital yang semakin berkembang, pesan WhatsApp (WA) telah menjadi salah satu alat komunikasi yang paling umum digunakan oleh banyak orang. Tidak hanya untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga, tetapi juga digunakan dalam konteks profesional. Salah satu penggunaan yang semakin populer adalah mengirim surat resign melalui WhatsApp.

Mengapa metode ini semakin diminati? Salah satu alasan utamanya adalah kemudahan dan kecepatan dalam mengirim pesan melalui WhatsApp. Dalam beberapa kasus, karyawan mungkin ingin mengundurkan diri dengan cepat dan tidak memiliki waktu untuk menulis surat resign formal. Dalam situasi seperti ini, mengirim surat resign melalui WhatsApp dapat menjadi alternatif yang efisien.

Namun, penting untuk diingat bahwa meskipun pengiriman surat resign melalui WhatsApp dapat lebih praktis, tetap ada etika dan tata cara yang harus diikuti. Sebagai contoh, penting untuk mengirim surat tersebut secara pribadi kepada atasan, bukan melalui grup atau pesan broadcast. Selain itu, pastikan untuk tetap menjaga sikap profesional dalam penulisan dan menyampaikan rasa terima kasih kepada perusahaan.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara menulis surat resign melalui WhatsApp. Kami juga akan menyajikan contoh surat resign yang dapat Anda gunakan sebagai referensi. Dengan demikian, Anda akan dapat mengundurkan diri dengan baik dan tetap mempertahankan hubungan yang baik dengan perusahaan.

Mari kita mulai dengan langkah pertama dalam proses mengundurkan diri melalui pesan WhatsApp.

Langkah-langkah Menulis Surat Resign melalui WA

Setelah memahami pentingnya mengirim surat resign melalui WhatsApp, ada beberapa langkah yang perlu Anda ikuti untuk menulis surat resign dengan baik dan jelas. Berikut adalah panduan langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

  1. Mulailah dengan salam yang sopan: Seperti dalam surat formal lainnya, mulailah dengan menyapa atasan Anda dengan salam yang sopan, seperti "Halo [Nama Atasan]". Ini menunjukkan sikap hormat dan profesionalisme.

  2. Sampaikan niat Anda untuk mengundurkan diri: Langsung jelaskan niat Anda untuk mengundurkan diri dari posisi Anda di perusahaan. Misalnya, "Dengan ini, saya ingin mengundurkan diri dari jabatan saya sebagai [posisi] di [nama perusahaan]."

  3. Berikan alasan pengunduran diri: Jelaskan dengan jelas alasan di balik keputusan Anda untuk mengundurkan diri. Pastikan untuk menyampaikan alasan Anda dengan sopan dan jujur. Misalnya, "Saya telah menerima tawaran pekerjaan yang menawarkan kesempatan yang lebih baik dalam pengembangan karier saya."

  4. Tentukan tanggal pengunduran diri: Berikan tanggal pasti kapan Anda akan mengakhiri hubungan kerja dengan perusahaan. Ini memberikan perusahaan waktu yang cukup untuk mencari pengganti yang sesuai. Misalnya, "Pengunduran diri saya akan efektif pada tanggal [tanggal]."

  5. Sampaikan apresiasi dan terima kasih: Jangan lupa untuk menyampaikan rasa terima kasih kepada perusahaan atas kesempatan yang telah diberikan kepada Anda. Misalnya, "Saya ingin mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk bekerja di [nama perusahaan]."

Pastikan untuk mengikuti langkah-langkah ini dengan hati-hati dan menjaga bahasa penulisan yang sopan dan profesional. Dengan mengikuti panduan ini, Anda akan dapat menulis surat resign melalui WhatsApp dengan baik dan memberikan kesan yang baik kepada perusahaan. Selanjutnya, kami akan memberikan contoh surat resign melalui WhatsApp yang dapat Anda gunakan sebagai referensi.

Contoh Surat Resign melalui WA

Berikut ini adalah contoh surat resign melalui WhatsApp yang dapat Anda gunakan sebagai referensi dalam menulis surat resign Anda sendiri:

Halo [Nama Atasan],

Dengan ini, saya ingin mengundurkan diri dari jabatan saya sebagai [posisi] di [nama perusahaan]. Saya ingin memberitahukan keputusan ini kepada Anda melalui pesan WhatsApp ini.

Saya telah mempertimbangkan dengan matang dan saya yakin bahwa ini adalah langkah yang tepat untuk pengembangan karier saya. Saya telah menerima tawaran pekerjaan yang menawarkan kesempatan yang lebih baik dalam mencapai tujuan karier saya.

Pengunduran diri saya akan efektif pada tanggal [tanggal]. Saya berharap ini memberikan waktu yang cukup bagi perusahaan untuk mencari pengganti yang sesuai dan memperlancar proses transisi.

Saya ingin mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk bekerja di [nama perusahaan]. Saya sangat menghargai pengalaman dan pengetahuan yang telah saya peroleh selama bekerja di sini. Saya berharap hubungan baik kita dapat terus berlanjut di masa depan.

Terima kasih banyak atas pemahaman dan dukungan Anda. Saya siap untuk membantu dalam proses transisi ini dan menyelesaikan tugas-tugas terakhir saya sebaik mungkin.

Salam hormat,

[Nama Anda]

Pastikan untuk menyesuaikan surat resign ini dengan informasi pribadi Anda, termasuk nama atasan, posisi Anda, dan tanggal pengunduran diri. Gunakan surat ini sebagai panduan dan ubahlah sesuai dengan kebutuhan dan situasi Anda sendiri.

Dengan menggunakan contoh surat resign ini, Anda dapat memiliki panduan yang jelas tentang bagaimana menulis surat resign melalui WhatsApp dengan baik dan profesional. Ingatlah untuk tetap menjaga sikap sopan dan mengucapkan terima kasih kepada perusahaan dalam surat resign Anda.

Tips dan Etika dalam Mengirim Surat Resign melalui WA

Ketika mengirim surat resign melalui WhatsApp, ada beberapa tips dan etika yang perlu Anda perhatikan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  1. Kirim secara pribadi: Pastikan untuk mengirim surat resign secara pribadi kepada atasan Anda. Hindari mengirim melalui grup atau pesan broadcast, karena hal ini dapat dianggap tidak sopan dan kurang profesional.

  2. Jaga sikap profesional: Meskipun Anda mengirim surat resign melalui WhatsApp, tetaplah menjaga sikap profesional dalam penulisan. Hindari menggunakan bahasa yang tidak pantas atau tidak sopan. Gunakan bahasa yang jelas, singkat, dan lugas.

  3. Sampaikan rasa terima kasih: Jangan lupa untuk menyampaikan rasa terima kasih kepada perusahaan atas kesempatan yang telah diberikan kepada Anda. Ini menunjukkan sikap yang baik dan menghargai kontribusi yang telah Anda berikan selama bekerja di perusahaan.

  4. Tetap bersedia membantu: Meskipun Anda mengundurkan diri, tetap bersedia membantu dalam proses transisi. Sampaikan bahwa Anda siap membantu dalam menyelesaikan tugas-tugas terakhir Anda dan memberikan informasi yang diperlukan kepada pengganti Anda.

  5. Jaga kerahasiaan: Pastikan untuk menjaga kerahasiaan informasi yang bersifat rahasia atau sensitif. Jangan mengungkapkan informasi yang tidak seharusnya diketahui oleh pihak lain, bahkan setelah Anda mengundurkan diri.

Dengan mengikuti tips dan etika ini, Anda dapat mengirim surat resign melalui WhatsApp dengan sikap yang profesional dan menjaga hubungan baik dengan perusahaan. Ingatlah bahwa meskipun metode pengiriman berbeda, penting untuk tetap menghormati proses dan etika yang berlaku dalam pengunduran diri.

Selanjutnya, dalam bagian terakhir artikel ini, kami akan memberikan kesimpulan yang ringkas dari poin-poin penting yang telah dibahas.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membahas tentang penggunaan WhatsApp sebagai alat untuk mengirim surat resign. Kami telah menjelaskan langkah-langkah yang perlu diikuti dalam menulis surat resign melalui WhatsApp, serta memberikan contoh surat resign yang dapat Anda gunakan sebagai referensi.

Penting untuk diingat bahwa meskipun pengiriman surat resign melalui WhatsApp dapat lebih praktis, tetap ada etika dan tata cara yang harus diikuti. Pastikan untuk mengirim surat tersebut secara pribadi kepada atasan, menjaga sikap profesional, serta menyampaikan rasa terima kasih kepada perusahaan.

Dalam proses pengunduran diri, tetaplah menjaga hubungan baik dengan perusahaan. Sampaikan niat Anda dengan jelas, berikan alasan yang jujur, dan tetap bersedia membantu dalam proses transisi. Jaga sikap profesional dan hindari mengungkapkan informasi yang bersifat rahasia.

Dengan mengikuti panduan dan contoh yang telah kami berikan, Anda dapat menulis surat resign melalui WhatsApp dengan baik dan tetap mempertahankan hubungan yang baik dengan perusahaan. Pastikan untuk menyesuaikan surat resign dengan situasi dan kebutuhan Anda sendiri.

Terakhir, semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mempertimbangkan untuk mengirim surat resign melalui WhatsApp. Jika Anda mengikuti langkah-langkah dan etika yang telah dijelaskan, Anda dapat mengundurkan diri dengan baik dan menjaga reputasi profesional Anda. Sukses dalam perjalanan karier Anda yang baru!

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer