Ads - After Header

Contoh Surat Resign Kerja English

Irma Wanti

Surat pengunduran diri merupakan langkah penting yang harus diambil dengan hati-hati oleh setiap pekerja. Terlebih lagi, jika Anda ingin mengajukan surat pengunduran diri dalam bahasa Inggris, diperlukan pemahaman yang baik tentang struktur dan tata bahasa yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang bagaimana menulis surat pengunduran diri dalam bahasa Inggris yang efektif dan profesional.

Surat pengunduran diri dalam bahasa Inggris memiliki keuntungan tersendiri dalam dunia kerja yang semakin global. Dengan menguasai kemampuan menulis surat pengunduran diri dalam bahasa Inggris, Anda dapat meningkatkan peluang karier internasional dan memberikan kesan profesional kepada atasan dan rekan kerja Anda.

Pada bagian berikutnya, kami akan memberikan contoh surat pengunduran diri dalam bahasa Inggris yang lengkap dengan salam pembuka, alasan pengunduran diri, ucapan terima kasih, dan salam penutup. Kami juga akan menjelaskan struktur surat tersebut dan memberikan tips praktis untuk menulis surat pengunduran diri dalam bahasa Inggris dengan baik.

Mari kita mulai dengan contoh surat pengunduran diri yang tepat dan efektif dalam bahasa Inggris.

Contoh Surat Pengunduran Diri dalam Bahasa Inggris

Berikut ini adalah contoh surat pengunduran diri dalam bahasa Inggris yang dapat Anda gunakan sebagai panduan untuk menulis surat pengunduran diri Anda sendiri. Pastikan untuk menyesuaikan konten surat dengan situasi dan alasan pengunduran diri Anda.


[Your Name]
[Your Position]
[Company Name]
[Company Address]
[City, State, ZIP Code]
[Email Address]
[Phone Number]
[Date]

[Recipient’s Name]
[Recipient’s Position]
[Company Name]
[Company Address]
[City, State, ZIP Code]

Dear [Recipient’s Name],

I am writing to formally resign from my position as [Your Position] at [Company Name], effective [Last Working Day, usually two weeks from the date of the letter]. I have made this decision after careful consideration and reflection on my career goals and personal aspirations.

I would like to express my sincere gratitude for the opportunities and experiences I have gained during my time at [Company Name]. The knowledge and skills I have acquired here have been invaluable in my professional growth. I am truly grateful for the support and guidance provided by my colleagues and superiors throughout my tenure.

However, after much contemplation, I have decided to pursue a new career opportunity that aligns more closely with my long-term goals and aspirations. This decision was not made lightly, and I believe it is the right step for my personal and professional development.

I am committed to ensuring a smooth transition of my responsibilities. Please let me know how I can assist in the handover process and ensure a seamless transfer of my duties. I am more than willing to provide any necessary training or documentation to facilitate this transition.

Once again, I would like to express my gratitude for the opportunities and support I have received during my time at [Company Name]. I have great respect for the organization and its values, and I am confident that it will continue to thrive and succeed in the future.

Thank you for your understanding and support in this matter. I wish you and the entire team at [Company Name] continued success.

Sincerely,

[Your Name]


Pastikan untuk menyesuaikan nama, posisi, alamat perusahaan, dan tanggal sesuai dengan informasi yang relevan. Juga, jangan lupa untuk menambahkan salam penutup yang sesuai seperti "Sincerely" atau "Best Regards" diikuti dengan tanda tangan Anda.

Gunakan contoh surat pengunduran diri di atas sebagai panduan untuk menulis surat pengunduran diri Anda sendiri dalam bahasa Inggris. Ingatlah untuk tetap sopan, jelas, dan singkat dalam menyampaikan alasan pengunduran diri dan ucapan terima kasih kepada perusahaan.

Tips Menulis Surat Pengunduran Diri dalam Bahasa Inggris

Menulis surat pengunduran diri dalam bahasa Inggris membutuhkan perhatian khusus terhadap tata bahasa, gaya penulisan, dan penggunaan kata yang tepat. Berikut ini adalah beberapa tips praktis untuk membantu Anda menulis surat pengunduran diri yang efektif dalam bahasa Inggris:

  1. Gunakan Bahasa yang Sopan dan Profesional: Pastikan untuk menggunakan bahasa yang sopan dan profesional dalam surat pengunduran diri Anda. Hindari penggunaan kata-kata kasar atau negatif yang dapat merusak citra Anda sebagai seorang profesional.

  2. Jelaskan Alasan dengan Jelas: Sampaikan alasan pengunduran diri Anda dengan jelas dan singkat. Fokus pada alasan profesional seperti kesempatan karier baru, pengembangan pribadi, atau perubahan industri yang relevan. Hindari menyebutkan alasan negatif atau masalah internal yang mungkin ada di perusahaan.

  3. Sampaikan Ucapan Terima Kasih: Jangan lupa untuk menyampaikan ucapan terima kasih kepada perusahaan, atasan, dan rekan kerja atas kesempatan dan dukungan yang diberikan selama Anda bekerja di sana. Ini adalah tanda penghargaan Anda terhadap pengalaman yang telah Anda dapatkan.

  4. Tetapkan Tanggal Pengunduran Diri yang Memadai: Berikan perusahaan waktu yang cukup untuk mencari pengganti Anda dengan menetapkan tanggal pengunduran diri yang memadai. Biasanya, dua minggu pemberitahuan dianggap wajar, tetapi pastikan untuk memeriksa kebijakan perusahaan terkait hal ini.

  5. Hindari Ungkapan Negatif: Meskipun Anda mungkin memiliki alasan yang kuat untuk mengundurkan diri, hindari menyampaikannya dengan ungkapan negatif. Fokuslah pada aspek positif yang Anda dapatkan selama bekerja di perusahaan dan bagaimana pengalaman tersebut telah membantu Anda tumbuh dan berkembang.

  6. Periksa Tata Bahasa dan Ejaan: Pastikan untuk memeriksa tata bahasa dan ejaan dalam surat pengunduran diri Anda. Kesalahan tata bahasa dan ejaan dapat memberikan kesan yang kurang profesional. Gunakan alat bantu seperti pemeriksa tata bahasa atau mintalah bantuan dari orang lain untuk memastikan surat Anda bebas dari kesalahan.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat menulis surat pengunduran diri dalam bahasa Inggris yang efektif dan profesional. Ingatlah untuk tetap sopan, jelas, dan singkat dalam menyampaikan pesan Anda.

Penutup

Dalam artikel ini, kami telah memberikan panduan lengkap tentang bagaimana menulis surat pengunduran diri dalam bahasa Inggris yang efektif dan profesional. Kami telah membagikan contoh surat pengunduran diri yang dapat Anda gunakan sebagai referensi, serta memberikan tips praktis untuk membantu Anda dalam proses penulisan.

Menulis surat pengunduran diri dalam bahasa Inggris adalah langkah penting dalam mengambil keputusan karier Anda. Dengan menggunakan bahasa yang sopan, jelas, dan profesional, Anda dapat meninggalkan kesan yang baik kepada atasan dan rekan kerja Anda. Selain itu, menulis surat pengunduran diri dalam bahasa Inggris juga dapat membuka peluang karier internasional yang lebih luas.

Pastikan untuk menyesuaikan konten surat dengan situasi dan alasan pengunduran diri Anda. Jelaskan alasan dengan jelas, sampaikan ucapan terima kasih kepada perusahaan, dan tetap sopan dalam setiap kalimat yang Anda tulis. Periksa tata bahasa dan ejaan untuk memastikan surat Anda bebas dari kesalahan.

Kami berharap panduan ini dapat membantu Anda dalam menulis surat pengunduran diri dalam bahasa Inggris yang efektif dan profesional. Ingatlah bahwa pengunduran diri adalah bagian normal dari perjalanan karier, dan penting untuk menjaga hubungan baik dengan perusahaan dan rekan kerja Anda. Semoga sukses dalam langkah selanjutnya dalam karier Anda!

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau ingin berbagi pengalaman Anda dalam menulis surat pengunduran diri dalam bahasa Inggris, jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah ini. Terima kasih atas perhatiannya dan semoga bermanfaat!

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer