Ads - After Header

Formal Contoh Surat Lamaran Kerja

Dani M Iskandar

Surat lamaran kerja formal merupakan salah satu dokumen penting yang harus disiapkan oleh para pencari kerja. Dokumen ini berfungsi sebagai alat untuk memperkenalkan diri kepada perusahaan yang dituju dan menjelaskan mengapa kita adalah kandidat yang tepat untuk posisi yang sedang dibuka. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap dan efektif tentang bagaimana menulis surat lamaran kerja formal yang dapat meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Surat lamaran kerja formal umumnya terdiri dari beberapa bagian penting yang harus diisi dengan baik. Pertama, kita perlu memulai surat dengan salam pembuka yang sopan, seperti "Kepada Yth., [Nama Perusahaan]". Selanjutnya, kita perlu memperkenalkan diri dengan jelas dan ringkas, termasuk menyebutkan nama, pendidikan terakhir, dan pengalaman kerja yang relevan.

Setelah itu, kita dapat menjelaskan mengapa kita tertarik untuk bergabung dengan perusahaan tersebut. Hal ini bisa mencakup alasan mengapa kita tertarik dengan industri atau bidang pekerjaan yang sedang dibuka, serta bagaimana kita dapat memberikan kontribusi yang berharga bagi perusahaan. Penting untuk menunjukkan pengetahuan yang baik tentang perusahaan dan posisi yang dilamar.

Selanjutnya, kita perlu menjelaskan pengalaman kerja yang relevan yang dimiliki. Hal ini mencakup pekerjaan sebelumnya, tanggung jawab yang diemban, dan pencapaian yang telah diraih. Pastikan untuk menyoroti kualifikasi dan keahlian yang relevan dengan posisi yang dilamar. Jangan lupa untuk menyertakan informasi kontak yang dapat dihubungi, seperti nomor telepon dan alamat email.

Terakhir, kita perlu mengakhiri surat dengan penutup yang sopan, seperti "Hormat saya, [Nama Lengkap]". Jangan lupa untuk menandatangani surat lamaran dengan tinta hitam di bawah penutup. Selain itu, sertakan juga lampiran-lampiran yang relevan, seperti CV atau portofolio.

Dengan mengikuti panduan lengkap ini, diharapkan surat lamaran kerja formal Anda dapat menarik perhatian perekrut dan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Selanjutnya, kami akan memberikan contoh surat lamaran kerja formal yang baik dan efektif dalam bagian berikutnya.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer