Ads - After Header

Contoh Surat Permohonan Lamaran Kerja

Hendra Sujana

Surat permohonan lamaran kerja adalah salah satu dokumen penting yang harus disiapkan oleh setiap pencari kerja. Dokumen ini menjadi langkah awal untuk memperkenalkan diri kepada calon perekrut dan meyakinkan mereka bahwa kita adalah kandidat yang tepat untuk posisi yang dilamar. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang bagaimana menulis surat permohonan lamaran kerja yang efektif dan menarik perhatian perekrut.

Surat permohonan lamaran kerja memiliki struktur yang harus diikuti dengan baik. Struktur yang tepat akan membantu memastikan bahwa pesan yang ingin disampaikan dapat tersampaikan dengan jelas dan teratur. Beberapa bagian yang harus ada dalam surat permohonan lamaran kerja antara lain salam pembuka, pengenalan diri, motivasi melamar pekerjaan, dan penutup.

Salam pembuka merupakan bagian awal surat yang digunakan untuk menyapa perekrut. Biasanya, salam pembuka menggunakan kata-kata seperti "Yth." atau "Kepada". Setelah salam pembuka, langkah selanjutnya adalah pengenalan diri. Di bagian ini, kita perlu menjelaskan siapa kita, latar belakang pendidikan atau pengalaman kerja yang relevan, serta keahlian yang dimiliki.

Motivasi melamar pekerjaan adalah bagian yang sangat penting dalam surat permohonan lamaran kerja. Di sini, kita harus menjelaskan mengapa kita tertarik dengan posisi yang dilamar dan perusahaan yang dituju. Penting untuk menunjukkan pengetahuan tentang perusahaan dan bagaimana kita dapat memberikan kontribusi yang berarti jika diberikan kesempatan bekerja.

Terakhir, penutup surat merupakan kesempatan untuk mengucapkan terima kasih kepada perekrut atas waktu dan perhatiannya. Jangan lupa untuk meninggalkan kontak yang bisa dihubungi, seperti nomor telepon atau alamat email, agar perekrut dapat dengan mudah menghubungi kita jika ada pertanyaan lebih lanjut atau untuk mengatur jadwal wawancara.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan contoh surat permohonan lamaran kerja yang baik dan efektif untuk membantu Anda memahami struktur dan penggunaan bahasa yang tepat. Dengan memahami langkah-langkah yang benar, diharapkan Anda dapat menulis surat permohonan lamaran kerja yang menarik perhatian perekrut dan meningkatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Mari kita mulai dengan contoh surat permohonan lamaran kerja yang akan membantu Anda memahami bagian-bagian yang telah dijelaskan di atas.

Struktur Surat Permohonan Lamaran Kerja

Setelah memahami pentingnya surat permohonan lamaran kerja dan bagian-bagian yang harus ada di dalamnya, langkah selanjutnya adalah memahami struktur yang tepat untuk surat tersebut. Dalam bagian ini, kami akan menjelaskan secara rinci tentang struktur yang harus diikuti agar surat permohonan lamaran kerja Anda terlihat profesional dan teratur.

1. Salam Pembuka

Salam pembuka merupakan langkah pertama dalam menulis surat permohonan lamaran kerja. Gunakan salam yang sesuai seperti "Yth." atau "Kepada" diikuti dengan nama perekrut atau perusahaan yang dituju. Pastikan untuk mengeja nama dengan benar dan menggunakan gelar yang tepat jika diperlukan.

2. Pengenalan Diri

Setelah salam pembuka, langkah selanjutnya adalah pengenalan diri. Di bagian ini, jelaskan dengan singkat siapa Anda, latar belakang pendidikan atau pengalaman kerja yang relevan, serta keahlian yang dimiliki. Fokus pada hal-hal yang paling relevan dengan posisi yang dilamar dan perusahaan yang dituju.

3. Motivasi Melamar Pekerjaan

Bagian ini sangat penting untuk meyakinkan perekrut bahwa Anda benar-benar tertarik dengan posisi yang dilamar dan perusahaan yang dituju. Jelaskan dengan jelas mengapa Anda tertarik dengan posisi tersebut, apa yang menarik perhatian Anda tentang perusahaan, dan bagaimana Anda dapat memberikan kontribusi yang berarti jika diberikan kesempatan bekerja.

4. Pengalaman dan Pendidikan Terkait

Di bagian ini, jelaskan pengalaman kerja atau pendidikan yang relevan dengan posisi yang dilamar. Berikan informasi tentang pekerjaan sebelumnya yang dapat mendukung kualifikasi Anda, serta pendidikan atau pelatihan yang relevan dengan bidang pekerjaan yang dituju. Jangan lupa untuk menyebutkan prestasi atau penghargaan yang Anda peroleh yang dapat memperkuat profil Anda sebagai kandidat yang berkualitas.

5. Penutup

Terakhir, jangan lupa untuk mengakhiri surat permohonan lamaran kerja dengan penutup yang sopan. Sampaikan terima kasih kepada perekrut atas waktu dan perhatiannya, serta ungkapkan harapan Anda untuk dapat berdiskusi lebih lanjut dalam wawancara. Jangan lupa untuk meninggalkan kontak yang bisa dihubungi, seperti nomor telepon atau alamat email, agar perekrut dapat dengan mudah menghubungi Anda.

Dengan mengikuti struktur yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat menulis surat permohonan lamaran kerja yang terstruktur dengan baik dan memberikan kesan profesional kepada perekrut. Selanjutnya, kami akan memberikan contoh surat permohonan lamaran kerja yang baik dan efektif untuk memberikan gambaran yang lebih jelas tentang penerapan struktur ini.

Contoh Surat Permohonan Lamaran Kerja

Sekarang, mari kita lihat contoh surat permohonan lamaran kerja yang baik dan efektif. Dalam contoh ini, kita akan mengikuti struktur yang telah dijelaskan sebelumnya untuk memberikan gambaran yang lebih jelas tentang penerapannya. Perhatikan bahwa contoh ini hanya sebagai referensi, Anda dapat menyesuaikan dengan pengalaman dan kualifikasi Anda sendiri.


Yth. Bapak/Ibu [Nama Perekrut],

Saya, [Nama Anda], dengan ini mengajukan surat permohonan lamaran kerja untuk posisi [Nama Posisi] di [Nama Perusahaan]. Saya sangat tertarik dengan perusahaan yang terkenal dengan reputasi yang kuat di bidang [Bidang Perusahaan]. Dalam surat ini, saya ingin menjelaskan mengapa saya merasa cocok untuk posisi ini dan bagaimana saya dapat memberikan kontribusi yang berarti kepada perusahaan.

Saya memiliki latar belakang pendidikan yang relevan dengan posisi ini. Saya lulus dari [Nama Universitas] dengan gelar Sarjana [Jurusan]. Selama studi saya, saya mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang [Bidang Terkait] dan mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk berhasil dalam peran ini. Selain itu, saya juga telah mengikuti beberapa pelatihan dan sertifikasi terkait yang telah meningkatkan kompetensi saya dalam [Keterampilan Terkait].

Motivasi saya untuk melamar posisi ini adalah karena saya sangat tertarik dengan [Bidang Perusahaan] dan percaya bahwa perusahaan ini adalah tempat yang tepat untuk mengembangkan karier saya. Saya terkesan dengan inovasi dan prestasi perusahaan dalam [Bidang Spesifik] serta komitmennya terhadap kualitas dan kepuasan pelanggan. Saya yakin bahwa dengan pengalaman dan pengetahuan yang saya miliki, saya dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam mencapai tujuan perusahaan.

Selama pengalaman kerja saya sebelumnya di [Nama Perusahaan], saya telah berhasil mengelola proyek-proyek yang kompleks dan mencapai hasil yang memuaskan. Saya memiliki keahlian dalam [Keterampilan Terkait] dan telah terbukti mampu bekerja secara efektif dalam tim maupun secara mandiri. Selain itu, saya memiliki kemampuan analitis yang kuat dan mampu mengambil keputusan yang tepat dalam situasi yang menantang.

Saya sangat antusias untuk bergabung dengan tim di [Nama Perusahaan] dan berkontribusi dalam mencapai visi dan misi perusahaan. Saya yakin bahwa dengan kombinasi pengalaman, keterampilan, dan motivasi saya, saya dapat memberikan nilai tambah yang signifikan.

Terlampir dalam surat ini, saya sertakan resume lengkap yang berisi rincian lebih lanjut tentang pendidikan, pengalaman kerja, dan referensi. Saya sangat berharap dapat diberikan kesempatan untuk bertemu dan berdiskusi lebih lanjut mengenai kontribusi yang dapat saya berikan kepada perusahaan.

Demikian surat permohonan lamaran kerja ini saya sampaikan. Terima kasih atas perhatian dan kesempatan yang diberikan. Saya sangat berharap dapat bergabung dengan tim di [Nama Perusahaan] dan berkontribusi dalam mencapai kesuksesan bersama.

Hormat saya,

[Nama Anda]
[Telp: Nomor Telepon]
[Email: Alamat Email]


Tips dan Trik untuk Menulis Surat Permohonan Lamaran Kerja yang Sukses

Menulis surat permohonan lamaran kerja yang menarik perhatian perekrut dan membedakan diri dari pelamar lainnya dapat menjadi tantangan tersendiri. Di bagian ini, kami akan memberikan beberapa tips dan trik praktis untuk membantu Anda menulis surat permohonan lamaran kerja yang sukses.

1. Gunakan Bahasa yang Jelas dan Tepat

Pastikan penggunaan bahasa dalam surat permohonan Anda jelas, terstruktur, dan bebas dari kesalahan tata bahasa. Hindari penggunaan frasa yang terlalu formal atau terlalu informal. Gunakan kalimat yang ringkas dan langsung ke intinya untuk menjelaskan pengalaman, kualifikasi, dan motivasi Anda.

2. Hubungkan Pengalaman dengan Persyaratan Pekerjaan

Saat menjelaskan pengalaman kerja atau pendidikan Anda, pastikan untuk mengaitkannya dengan persyaratan pekerjaan yang diinginkan. Jelaskan bagaimana pengalaman atau kualifikasi Anda dapat memberikan kontribusi yang berarti dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab yang terkait dengan posisi yang dilamar.

3. Berikan Contoh Konkret

Untuk memperkuat klaim Anda tentang kualifikasi atau keahlian tertentu, berikan contoh konkret dari pengalaman kerja atau proyek yang relevan. Jelaskan dengan jelas apa yang Anda lakukan, bagaimana Anda melakukannya, dan hasil yang dicapai. Hal ini akan membantu perekrut memahami kemampuan Anda secara lebih baik.

4. Tunjukkan Pengetahuan tentang Perusahaan

Sebelum menulis surat permohonan lamaran kerja, lakukan riset tentang perusahaan yang Anda lamar. Tunjukkan pengetahuan Anda tentang visi, misi, dan nilai-nilai perusahaan. Sertakan informasi yang relevan dalam surat Anda untuk menunjukkan ketertarikan dan komitmen Anda terhadap perusahaan tersebut.

5. Hindari Kesalahan Umum

Perhatikan kesalahan umum yang sering terjadi dalam menulis surat permohonan lamaran kerja, seperti kesalahan pengejaan, penggunaan kata yang tidak tepat, atau penggunaan kalimat yang terlalu panjang dan rumit. Selalu periksa kembali surat Anda sebelum mengirimkannya untuk memastikan kesalahan tersebut dapat dihindari.

6. Gunakan Format yang Rapi dan Menarik

Selain konten yang baik, pastikan surat permohonan Anda memiliki format yang rapi dan menarik. Gunakan font yang mudah dibaca, atur paragraf dengan baik, dan gunakan poin-poin penting yang ditebalkan atau dicetak miring untuk memudahkan perekrut dalam membaca dan memahami surat Anda.

Dengan menerapkan tips dan trik di atas, Anda dapat meningkatkan kualitas surat permohonan lamaran kerja Anda dan meningkatkan peluang untuk mendapatkan perhatian perekrut. Selanjutnya, mari kita lanjutkan ke bagian penutup artikel ini.


Penutup

Dalam artikel ini, kami telah membahas secara rinci tentang surat permohonan lamaran kerja dan bagaimana menulisnya dengan baik dan efektif. Kami telah menjelaskan struktur yang tepat untuk surat tersebut, memberikan contoh surat permohonan lamaran kerja yang baik, dan memberikan tips dan trik praktis untuk meningkatkan kualitas surat Anda.

Surat permohonan lamaran kerja adalah kesempatan bagi Anda untuk memperkenalkan diri kepada perekrut dan meyakinkan mereka tentang kualifikasi dan motivasi Anda. Penting untuk mengikuti struktur yang tepat, menggunakan bahasa yang jelas, dan mengaitkan pengalaman dengan persyaratan pekerjaan.

Selain itu, jangan lupa untuk melakukan riset tentang perusahaan yang Anda lamar dan menunjukkan pengetahuan Anda tentang perusahaan tersebut. Hal ini akan menunjukkan ketertarikan dan komitmen Anda terhadap perusahaan yang dituju.

Terakhir, pastikan surat permohonan lamaran kerja Anda bebas dari kesalahan tata bahasa dan format yang rapi. Periksa kembali surat Anda sebelum mengirimkannya untuk memastikan kesalahan dapat dihindari.

Dengan menerapkan panduan dan contoh yang telah kami berikan, kami berharap Anda dapat menulis surat permohonan lamaran kerja yang menarik perhatian perekrut dan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Jika Anda membutuhkan bantuan lebih lanjut dalam menulis surat permohonan lamaran kerja atau memiliki pertanyaan lainnya, jangan ragu untuk menghubungi kami. Semoga sukses dalam pencarian pekerjaan Anda!


Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer