Ads - After Header

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Yang Baik Dan Benar

Dani M Iskandar

Surat lamaran pekerjaan merupakan salah satu dokumen penting yang harus disiapkan oleh setiap pencari kerja. Surat ini menjadi langkah awal untuk memperkenalkan diri kepada perusahaan yang sedang membuka lowongan pekerjaan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menulis surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar agar dapat meningkatkan peluang diterima di perusahaan yang diinginkan.

Dalam penulisan surat lamaran pekerjaan, terdapat beberapa komponen yang harus diperhatikan. Pertama, salam pembuka yang harus disesuaikan dengan situasi dan jabatan yang dituju. Misalnya, jika kita melamar pekerjaan dengan jabatan yang cukup formal, maka salam pembuka yang digunakan adalah "Bapak/Ibu yang terhormat". Namun, jika melamar pekerjaan di lingkungan yang lebih santai, kita dapat menggunakan salam pembuka yang lebih umum seperti "Halo" atau "Assalamualaikum".

Selanjutnya, dalam surat lamaran pekerjaan, kita perlu memperkenalkan diri dengan singkat. Berikan informasi tentang nama, tempat tanggal lahir, alamat, dan kontak yang dapat dihubungi. Jangan lupa juga untuk menyebutkan tujuan kita melamar pekerjaan di perusahaan tersebut.

Setelah itu, kita perlu menjelaskan pengalaman kerja yang relevan dengan posisi yang dilamar. Ceritakan secara singkat tentang pekerjaan sebelumnya yang dapat mendukung kualifikasi kita untuk posisi yang sedang dibuka. Jika belum memiliki pengalaman kerja, kita dapat menyoroti pendidikan atau pelatihan yang relevan yang pernah kita ikuti.

Terakhir, jangan lupa untuk menutup surat dengan kalimat penutup yang sopan dan mengundang perusahaan untuk menghubungi kita untuk proses seleksi lebih lanjut. Sertakan juga ucapan terima kasih atas kesempatan yang diberikan.

Dalam penulisan surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar, penting untuk menggunakan bahasa yang formal dan sopan. Hindari penggunaan bahasa yang terlalu informal atau slang. Pilihan kata yang tepat akan memberikan kesan profesional dan serius dalam melamar pekerjaan.

Dengan mengikuti panduan dan contoh surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar, diharapkan kita dapat meningkatkan peluang diterima di perusahaan yang diinginkan. Selanjutnya, dalam artikel ini, akan disajikan contoh surat lamaran pekerjaan yang dapat menjadi referensi dalam penulisan surat lamaran pekerjaan yang efektif dan memikat hati perusahaan.

Komponen Surat Lamaran Pekerjaan

Dalam penulisan surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar, terdapat beberapa komponen yang harus diperhatikan dengan seksama. Setiap komponen memiliki peran penting dalam menyampaikan informasi yang relevan kepada pihak perusahaan. Berikut adalah komponen-komponen yang harus ada dalam surat lamaran pekerjaan:

1. Salam Pembuka

Salam pembuka merupakan bagian pertama dari surat lamaran pekerjaan yang harus disesuaikan dengan situasi dan jabatan yang dituju. Salam pembuka yang baik akan memberikan kesan profesional dan sopan kepada pihak perusahaan. Beberapa contoh salam pembuka yang umum digunakan antara lain:

  • Bapak/Ibu yang terhormat,
  • Halo,
  • Assalamualaikum,

Pilihlah salam pembuka yang sesuai dengan suasana dan budaya perusahaan yang dituju.

2. Pengenalan Diri

Setelah salam pembuka, langkah selanjutnya adalah memperkenalkan diri secara singkat. Sampaikan informasi tentang nama, tempat tanggal lahir, alamat, dan kontak yang dapat dihubungi. Jangan lupa juga untuk menyebutkan tujuan kita melamar pekerjaan di perusahaan tersebut. Berikut adalah contoh pengenalan diri yang dapat digunakan:

"Saya, [Nama Lengkap], lahir di [Tempat Tanggal Lahir]. Saat ini saya tinggal di [Alamat Lengkap]. Saya tertarik untuk melamar pekerjaan di perusahaan [Nama Perusahaan] karena saya memiliki minat dan kualifikasi yang sesuai dengan posisi yang sedang dibuka."

3. Pengalaman Kerja

Bagian ini merupakan kesempatan untuk menjelaskan pengalaman kerja yang relevan dengan posisi yang dilamar. Ceritakan secara singkat tentang pekerjaan sebelumnya yang dapat mendukung kualifikasi kita untuk posisi yang sedang dibuka. Jika belum memiliki pengalaman kerja, kita dapat menyoroti pendidikan atau pelatihan yang relevan yang pernah kita ikuti. Berikut adalah contoh pengalaman kerja yang dapat disampaikan:

"Saya memiliki pengalaman kerja selama [jumlah tahun] di perusahaan [Nama Perusahaan]. Selama bekerja di sana, saya bertanggung jawab dalam [tugas dan tanggung jawab pekerjaan]. Pengalaman ini telah memperkaya pengetahuan dan keterampilan saya dalam [bidang pekerjaan]."

4. Kualifikasi

Selanjutnya, sampaikan kualifikasi yang dimiliki dan relevan dengan posisi yang dilamar. Jelaskan tentang keahlian, pendidikan, atau sertifikasi yang dapat mendukung kemampuan kita dalam menjalankan tugas di perusahaan tersebut. Berikut adalah contoh kualifikasi yang dapat disampaikan:

"Saya memiliki gelar [Nama Gelar] dari [Nama Universitas]. Selain itu, saya juga telah mengikuti pelatihan [Nama Pelatihan] yang meningkatkan pemahaman saya dalam [bidang pekerjaan]. Saya memiliki kemampuan dalam menggunakan [nama software] dan memiliki keahlian dalam [keterampilan yang relevan]."

5. Penutup

Terakhir, jangan lupa untuk menutup surat dengan kalimat penutup yang sopan dan mengundang perusahaan untuk menghubungi kita untuk proses seleksi lebih lanjut. Sertakan juga ucapan terima kasih atas kesempatan yang diberikan. Berikut adalah contoh penutup yang dapat digunakan:

"Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya sampaikan. Saya sangat berharap dapat bergabung dengan tim di [Nama Perusahaan] dan berkontribusi dalam mencapai tujuan perusahaan. Saya siap untuk menghadiri wawancara atau seleksi lainnya. Terima kasih atas perhatian dan kesempatan yang diberikan. Saya sangat berharap dapat segera bergabung dengan perusahaan ini."

Dengan memperhatikan komponen-komponen tersebut, diharapkan surat lamaran pekerjaan yang kita tulis dapat memberikan kesan yang baik kepada pihak perusahaan dan meningkatkan peluang diterima di posisi yang diinginkan.

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan

Dalam bagian ini, akan disajikan contoh surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar. Surat lamaran pekerjaan ini dapat menjadi referensi dalam penulisan surat lamaran pekerjaan yang efektif dan memikat hati perusahaan. Berikut adalah contoh surat lamaran pekerjaan yang dapat dijadikan acuan:

[Nama Lengkap]
[Alamat Lengkap]
[Kota, Kode Pos]
[Email]
[Telepon]

[Tanggal]

[Alamat Perusahaan]
[Perusahaan]
[Alamat Perusahaan]

Perihal: Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.,
Bapak/Ibu [Nama Penerima],
[Posisi Penerima],
[Perusahaan],
[Alamat Perusahaan]

Dengan hormat,

Saya, yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: [Nama Lengkap]
Tempat, Tanggal Lahir: [Tempat, Tanggal Lahir]
Alamat: [Alamat Lengkap]
Telepon: [Nomor Telepon]
Email: [Alamat Email]

Dengan ini mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Saya tertarik untuk bergabung dengan [Nama Perusahaan] dan berkontribusi dalam mencapai tujuan perusahaan.

Saya memiliki pengalaman kerja selama [jumlah tahun] di perusahaan [Nama Perusahaan]. Selama bekerja di sana, saya bertanggung jawab dalam [tugas dan tanggung jawab pekerjaan]. Pengalaman ini telah memperkaya pengetahuan dan keterampilan saya dalam [bidang pekerjaan].

Saya memiliki gelar [Nama Gelar] dari [Nama Universitas]. Selain itu, saya juga telah mengikuti pelatihan [Nama Pelatihan] yang meningkatkan pemahaman saya dalam [bidang pekerjaan]. Saya memiliki kemampuan dalam menggunakan [nama software] dan memiliki keahlian dalam [keterampilan yang relevan].

Saya sangat tertarik dengan posisi [Nama Posisi] yang sedang dibuka di perusahaan ini. Saya yakin bahwa kualifikasi dan pengalaman kerja yang saya miliki dapat mendukung peran tersebut. Saya siap untuk menghadiri wawancara atau seleksi lainnya sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya sampaikan. Saya sangat berharap dapat bergabung dengan tim di [Nama Perusahaan] dan berkontribusi dalam mencapai tujuan perusahaan. Terima kasih atas perhatian dan kesempatan yang diberikan. Saya sangat berharap dapat segera bergabung dengan perusahaan ini.

Hormat saya,

[Nama Lengkap]

Gunakan contoh surat lamaran pekerjaan di atas sebagai panduan dalam menulis surat lamaran pekerjaan yang sesuai dengan posisi yang dilamar. Sesuaikan dengan informasi pribadi dan pengalaman kerja yang dimiliki. Pastikan untuk memeriksa kembali surat lamaran pekerjaan sebelum mengirimkannya, termasuk pengecekan tata bahasa, ejaan, dan format yang digunakan.

Dengan mengikuti contoh surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar, diharapkan dapat meningkatkan peluang diterima di perusahaan yang diinginkan.

Tips Menulis Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik

Dalam penulisan surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar, terdapat beberapa tips yang dapat membantu meningkatkan kualitas surat lamaran kita. Berikut adalah beberapa tips yang perlu diperhatikan:

1. Gunakan Bahasa yang Sopan dan Formal

Pastikan menggunakan bahasa yang sopan dan formal dalam penulisan surat lamaran pekerjaan. Hindari penggunaan bahasa yang terlalu informal atau slang. Pilihan kata yang tepat akan memberikan kesan profesional dan serius dalam melamar pekerjaan.

2. Hindari Kesalahan Gramatikal dan Ejaan

Periksa kembali surat lamaran pekerjaan untuk memastikan tidak terdapat kesalahan gramatikal dan ejaan. Kesalahan tersebut dapat memberikan kesan kurang profesional dan kurang perhatian terhadap detail. Gunakan alat bantu seperti kamus atau aplikasi pengecek ejaan untuk memastikan keakuratan penulisan.

3. Sesuaikan Surat dengan Posisi yang Dilamar

Sesuaikan surat lamaran pekerjaan dengan posisi yang dilamar. Jelaskan dengan jelas mengapa kita tertarik dengan posisi tersebut dan bagaimana kualifikasi yang kita miliki dapat mendukung peran tersebut. Sertakan contoh konkret yang relevan dengan posisi yang dilamar.

4. Tampilkan Motivasi dan Antusiasme

Sampaikan motivasi dan antusiasme kita dalam melamar pekerjaan di perusahaan yang dituju. Berikan alasan yang kuat mengapa kita tertarik untuk bergabung dengan perusahaan tersebut. Tunjukkan semangat dan minat yang besar dalam berkontribusi dan berkembang di perusahaan tersebut.

5. Sesuaikan Surat dengan Format yang Tepat

Pastikan surat lamaran pekerjaan kita mengikuti format yang tepat. Gunakan font dan ukuran yang mudah dibaca, serta atur paragraf dengan rapi. Sertakan informasi kontak yang jelas dan mudah dihubungi. Jika perlu, gunakan template surat lamaran pekerjaan yang profesional sebagai panduan.

6. Perhatikan Panjang Surat

Usahakan agar surat lamaran pekerjaan tidak terlalu panjang. Tetapkan batasan kata yang sesuai agar surat tidak terlalu memakan waktu pembaca. Jelaskan poin-poin penting dengan singkat dan padat, tanpa mengorbankan kejelasan dan keberterimaan informasi.

Dengan memperhatikan tips-tips di atas, diharapkan surat lamaran pekerjaan yang kita tulis dapat memberikan kesan yang baik kepada pihak perusahaan dan meningkatkan peluang diterima di posisi yang diinginkan. Selanjutnya, dalam artikel ini, akan disajikan kesimpulan tentang pentingnya menulis surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar.

Kesimpulan

Dalam penulisan surat lamaran pekerjaan, penting untuk memperhatikan setiap komponen dan tips yang telah disebutkan sebelumnya. Menulis surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar adalah langkah awal yang penting dalam mencari pekerjaan yang diinginkan. Berikut adalah beberapa kesimpulan yang dapat diambil:

  • Surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar memainkan peran penting dalam memberikan kesan pertama kepada perusahaan yang sedang membuka lowongan pekerjaan.
  • Setiap komponen surat lamaran pekerjaan, seperti salam pembuka, pengenalan diri, pengalaman kerja, kualifikasi, dan penutup, harus diperhatikan dengan seksama.
  • Penggunaan bahasa yang sopan, formal, dan pilihan kata yang tepat akan meningkatkan kesan profesional dalam surat lamaran pekerjaan.
  • Hindari kesalahan gramatikal dan ejaan yang dapat mengurangi kualitas surat lamaran pekerjaan.
  • Sesuaikan surat lamaran pekerjaan dengan posisi yang dilamar, tunjukkan motivasi dan antusiasme kita dalam bergabung dengan perusahaan tersebut.
  • Perhatikan format surat lamaran pekerjaan yang tepat, gunakan template jika diperlukan, dan perhatikan panjang surat agar tidak terlalu memakan waktu pembaca.

Dengan memperhatikan semua hal tersebut, diharapkan surat lamaran pekerjaan yang kita tulis dapat meningkatkan peluang diterima di perusahaan yang diinginkan. Selain itu, jangan lupa untuk selalu memeriksa kembali surat lamaran pekerjaan sebelum mengirimkannya, serta berikan yang terbaik dalam setiap langkah dalam mencari pekerjaan. Semoga berhasil!

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer