Ads - After Header

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar

Dani M Iskandar

Pada saat mencari pekerjaan, salah satu hal yang sangat penting adalah menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar. Surat lamaran kerja merupakan salah satu dokumen yang akan menjadi pertimbangan bagi pihak perusahaan untuk memilih calon karyawan yang sesuai dengan kualifikasi yang mereka cari. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menulis surat lamaran kerja dengan baik dan benar guna meningkatkan peluang Anda dalam mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Surat lamaran kerja yang baik dan benar haruslah memiliki komponen-komponen yang terstruktur dengan baik. Salah satu komponen yang penting adalah salam pembuka. Pada bagian ini, Anda perlu menyapa pihak perusahaan dengan sopan dan menggunakan kata-kata yang sesuai. Misalnya, "Kepada Yth., HRD PT ABCD" atau "Bapak/Ibu HRD PT ABCD".

Setelah salam pembuka, langkah selanjutnya adalah pengenalan diri. Pada bagian ini, Anda perlu menyampaikan informasi tentang diri Anda secara singkat dan jelas. Sebutkan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat, serta kontak yang dapat dihubungi. Pastikan informasi yang Anda berikan terbaru dan mudah dihubungi oleh pihak perusahaan.

Selanjutnya, tuliskan motivasi Anda dalam melamar pekerjaan tersebut. Jelaskan dengan jelas alasan mengapa Anda tertarik dengan posisi yang sedang dibuka dan perusahaan tersebut. Sampaikan dengan tulus dan jujur mengapa Anda merasa cocok untuk posisi tersebut dan bagaimana Anda dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi perusahaan.

Tak kalah pentingnya adalah menyampaikan kualifikasi dan pengalaman kerja yang dimiliki. Pada bagian ini, jelaskan dengan rinci tentang pendidikan, keahlian, dan pengalaman kerja yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. Sertakan juga prestasi atau proyek yang pernah Anda kerjakan yang dapat menjadi nilai tambah bagi perusahaan.

Terakhir, jangan lupa untuk menutup surat dengan kalimat penutup yang sopan. Sampaikan harapan Anda untuk dapat mengikuti proses seleksi lebih lanjut dan berterima kasih atas perhatian yang diberikan. Jangan lupa untuk menandatangani surat lamaran dengan nama lengkap Anda.

Dengan mengikuti panduan di atas, Anda dapat menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar. Ingatlah untuk selalu menjaga kesopanan dan kejelasan dalam penulisan surat lamaran. Semoga surat lamaran Anda dapat meningkatkan peluang Anda dalam mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Komponen-komponen Surat Lamaran Kerja

Setelah mengetahui pentingnya menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar, saatnya kita mempelajari komponen-komponen yang harus ada dalam surat tersebut. Dengan memahami komponen-komponen ini, Anda dapat menyusun surat lamaran kerja yang terstruktur dengan baik dan memberikan kesan positif kepada pihak perusahaan.

1. Salam Pembuka

Salam pembuka merupakan bagian pertama dari surat lamaran kerja yang harus ditulis dengan sopan dan sesuai dengan norma yang berlaku. Anda dapat menggunakan salam pembuka seperti "Kepada Yth., HRD PT ABCD" atau "Bapak/Ibu HRD PT ABCD". Pastikan untuk menyesuaikan salam pembuka dengan jabatan dan nama perusahaan yang dituju.

2. Pengenalan Diri

Setelah salam pembuka, langkah selanjutnya adalah pengenalan diri. Pada bagian ini, sampaikan informasi tentang diri Anda secara singkat dan jelas. Sebutkan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat, serta kontak yang dapat dihubungi. Pastikan informasi yang Anda berikan terbaru dan mudah dihubungi oleh pihak perusahaan.

3. Motivasi Melamar Pekerjaan

Pada bagian ini, sampaikan dengan jelas dan tulus motivasi Anda dalam melamar pekerjaan tersebut. Jelaskan alasan mengapa Anda tertarik dengan posisi yang sedang dibuka dan perusahaan tersebut. Sampaikan dengan penuh keyakinan mengapa Anda merasa cocok untuk posisi tersebut dan bagaimana Anda dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi perusahaan.

4. Kualifikasi dan Pengalaman Kerja

Bagian ini merupakan kesempatan bagi Anda untuk menyoroti kualifikasi dan pengalaman kerja yang dimiliki. Jelaskan dengan rinci tentang pendidikan, keahlian, dan pengalaman kerja yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. Sertakan juga prestasi atau proyek yang pernah Anda kerjakan yang dapat menjadi nilai tambah bagi perusahaan. Pastikan untuk menonjolkan keunggulan dan keahlian yang dapat membedakan Anda dari pelamar lainnya.

5. Penutup yang Sopan

Terakhir, jangan lupa untuk menutup surat lamaran dengan kalimat penutup yang sopan. Sampaikan harapan Anda untuk dapat mengikuti proses seleksi lebih lanjut dan berterima kasih atas perhatian yang diberikan. Jangan lupa untuk menandatangani surat lamaran dengan nama lengkap Anda.

Dengan memperhatikan komponen-komponen di atas, Anda dapat menyusun surat lamaran kerja yang terstruktur dengan baik dan memberikan kesan positif kepada pihak perusahaan. Selanjutnya, mari kita lihat contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar dalam bagian berikutnya.

Contoh Surat Lamaran Kerja

Setelah mempelajari komponen-komponen yang harus ada dalam surat lamaran kerja, sekarang kita akan melihat contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar. Berikut ini adalah contoh surat lamaran kerja yang dapat Anda gunakan sebagai referensi dalam menyusun surat lamaran Anda sendiri.

[Nama Anda]
[Alamat Anda]
[Kota, Kode Pos]
[Tanggal]

Kepada Yth.,
HRD PT ABCD
Jl. Contoh No. 123
Kota Contoh

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama: [Nama Lengkap Anda]
Tempat/Tanggal Lahir: [Tempat, Tanggal Lahir Anda]
Alamat: [Alamat Anda]
Telepon: [Nomor Telepon Anda]
Email: [Alamat Email Anda]

Dengan ini, saya mengajukan lamaran untuk posisi [Nama Posisi] yang sedang dibuka di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Saya tertarik dengan perusahaan PT ABCD karena reputasinya yang baik dan kesempatan untuk berkembang di bidang [Bidang Pekerjaan].

Saya memiliki latar belakang pendidikan yang relevan dengan posisi yang sedang dibuka. Saya lulus dari Universitas Contoh dengan gelar Sarjana [Jurusan]. Selama kuliah, saya aktif dalam berbagai organisasi dan telah mengembangkan keterampilan kepemimpinan, kerjasama tim, dan kemampuan komunikasi yang baik.

Selain itu, saya juga memiliki pengalaman kerja sebagai [Posisi] di perusahaan [Nama Perusahaan] selama [Jangka Waktu]. Selama bekerja di sana, saya bertanggung jawab dalam [Tugas dan Tanggung Jawab]. Pengalaman ini telah memperkuat keterampilan saya dalam [Keterampilan yang Relevan].

Saya yakin bahwa dengan latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja yang saya miliki, saya dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi PT ABCD. Saya memiliki motivasi yang tinggi, kemampuan beradaptasi dengan cepat, dan komitmen yang kuat terhadap pekerjaan yang saya lamar.

Demikian surat lamaran ini saya sampaikan. Saya sangat berharap dapat diberikan kesempatan untuk mengikuti proses seleksi lebih lanjut di PT ABCD. Terlampir, saya sertakan daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah, dan sertifikat pendukung lainnya.

Atas perhatian dan kesempatan yang diberikan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

[Nama Lengkap Anda]

Gunakan contoh surat lamaran di atas sebagai panduan untuk menyusun surat lamaran kerja Anda sendiri. Sesuaikan dengan informasi pribadi dan pengalaman yang Anda miliki. Pastikan untuk menulis dengan jelas, singkat, dan menggunakan bahasa yang sopan serta mengikuti aturan penulisan surat resmi.

Selanjutnya, mari kita lihat beberapa tips dan trik dalam menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar pada bagian berikutnya.

Tips dan Trik Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Setelah melihat contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar, ada beberapa tips dan trik yang dapat Anda terapkan dalam menulis surat lamaran kerja agar lebih efektif dan menarik perhatian pihak perusahaan. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti:

1. Gunakan Bahasa yang Jelas dan Padat

Pastikan penggunaan bahasa dalam surat lamaran kerja Anda jelas dan padat. Hindari penggunaan kalimat yang terlalu panjang dan rumit. Gunakan kalimat yang singkat dan langsung to the point agar pesan yang ingin disampaikan dapat dipahami dengan mudah oleh pihak perusahaan.

2. Sampaikan Motivasi dan Keunggulan Anda

Jelaskan dengan jelas motivasi Anda dalam melamar pekerjaan tersebut. Sampaikan alasan mengapa Anda tertarik dengan posisi yang sedang dibuka dan perusahaan tersebut. Selain itu, sorotkan keunggulan dan keahlian yang membedakan Anda dari pelamar lainnya. Berikan contoh konkret tentang bagaimana Anda dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi perusahaan.

3. Sesuaikan Surat dengan Pekerjaan yang Dilamar

Pastikan surat lamaran Anda disesuaikan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Jelaskan mengapa Anda merasa cocok untuk posisi tersebut dan bagaimana pengalaman atau pendidikan yang Anda miliki relevan dengan pekerjaan yang sedang dibuka. Tunjukkan bahwa Anda telah melakukan riset tentang perusahaan dan posisi yang dilamar.

4. Gunakan Bahasa yang Positif dan Percaya Diri

Gunakan bahasa yang positif dan percaya diri dalam surat lamaran Anda. Sampaikan keyakinan Anda bahwa Anda adalah kandidat yang tepat untuk posisi tersebut. Hindari penggunaan kata-kata negatif atau meragukan yang dapat merusak kesan positif kepada pihak perusahaan.

5. Perhatikan Format dan Tampilan Surat

Pastikan format dan tampilan surat lamaran Anda rapi dan terstruktur dengan baik. Gunakan font yang mudah dibaca dan hindari penggunaan format yang terlalu rumit atau berlebihan. Sertakan informasi kontak yang jelas dan pastikan surat lamaran Anda ditandatangani dengan nama lengkap.

6. Periksa Kembali Surat Lamaran Anda

Sebelum mengirimkan surat lamaran, pastikan untuk memeriksa kembali kesalahan penulisan, tata bahasa, dan ejaan. Perhatikan juga penggunaan tanda baca dan tata letak yang benar. Jika perlu, mintalah bantuan orang lain untuk membaca dan memberikan masukan terhadap surat lamaran Anda.

Dengan menerapkan tips dan trik di atas, Anda dapat menulis surat lamaran kerja yang lebih efektif dan meningkatkan peluang Anda dalam mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Selanjutnya, pada bagian terakhir artikel ini, kita akan memberikan ringkasan singkat tentang pentingnya menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Penutup

Dalam mencari pekerjaan, menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar merupakan langkah penting untuk meningkatkan peluang Anda dalam mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Surat lamaran kerja yang terstruktur dengan baik dapat memberikan kesan positif kepada pihak perusahaan dan membedakan Anda dari pelamar lainnya.

Dalam artikel ini, kita telah membahas komponen-komponen yang harus ada dalam surat lamaran kerja, memberikan contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar, serta memberikan tips dan trik dalam menulis surat lamaran kerja yang efektif. Dengan memperhatikan semua hal tersebut, Anda dapat menyusun surat lamaran kerja yang dapat meningkatkan peluang Anda dalam mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Selalu ingat untuk menggunakan bahasa yang jelas, padat, dan positif dalam surat lamaran Anda. Sampaikan motivasi, keunggulan, dan relevansi Anda dengan posisi yang dilamar. Perhatikan juga format dan tampilan surat lamaran agar terlihat rapi dan terstruktur dengan baik.

Terakhir, periksa kembali surat lamaran Anda sebelum mengirimkannya. Pastikan tidak ada kesalahan penulisan, tata bahasa, atau ejaan yang dapat merusak kesan positif. Jika perlu, mintalah bantuan orang lain untuk memeriksa surat lamaran Anda.

Dengan menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar, Anda dapat meningkatkan peluang Anda dalam mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Selamat mencoba dan semoga sukses dalam perjalanan mencari pekerjaan!

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer