Ads - After Header

Contoh Surat Setengah Resmi

Dani M Iskandar

Surat setengah resmi merupakan salah satu bentuk komunikasi tertulis yang sering digunakan dalam dunia bisnis dan organisasi. Dalam konteks ini, surat setengah resmi memiliki peran penting sebagai sarana untuk menyampaikan informasi, permintaan, atau pemberitahuan secara formal kepada pihak lain.

Dalam surat setengah resmi, terdapat struktur yang harus diikuti agar pesan yang disampaikan dapat dipahami dengan jelas dan terlihat profesional. Struktur tersebut meliputi salam pembuka, isi surat, dan penutup. Salam pembuka biasanya berupa ungkapan sopan seperti "Kepada Yth." atau "Dear". Isi surat berisi inti dari pesan yang ingin disampaikan, sedangkan penutup dapat berupa kalimat penutup yang sopan seperti "Hormat saya" atau "Terima kasih atas perhatian Anda".

Pemilihan kata dan gaya penulisan juga menjadi faktor penting dalam surat setengah resmi. Penggunaan bahasa yang baku, formal, dan sopan sangat diperlukan agar pesan yang disampaikan terlihat serius dan menghormati pihak yang menerima surat. Hindari penggunaan kata-kata informal atau slang yang dapat merusak kesan profesionalitas surat.

Sebagai contoh, berikut adalah contoh surat setengah resmi dalam konteks permohonan pekerjaan:

Kepada Yth.
Manajer SDM
PT Contoh Perusahaan
Jl. Contoh No. 123
Kota Contoh

Dear Bapak/Ibu Manajer SDM,

Saya, [Nama Anda], dengan ini mengajukan permohonan untuk posisi [Nama Posisi] yang sedang dibuka di PT Contoh Perusahaan. Saya tertarik dengan perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin dan merasa memiliki kualifikasi yang sesuai dengan persyaratan yang tercantum dalam iklan lowongan pekerjaan.

Saya telah menyelesaikan pendidikan [Tingkat Pendidikan] di [Nama Institusi] dan memiliki pengalaman kerja selama [Jumlah Tahun] di bidang [Bidang Kerja]. Selama bekerja, saya telah mengembangkan keterampilan [Keterampilan yang Relevan] dan memiliki kemampuan [Kemampuan yang Relevan] yang dapat saya terapkan dalam peran ini.

Saya sangat antusias untuk bergabung dengan tim PT Contoh Perusahaan dan berkontribusi dalam mencapai tujuan perusahaan. Saya siap untuk menghadapi tantangan baru dan belajar dari pengalaman kerja yang berharga di perusahaan ini.

Terlampir, saya sertakan CV lengkap dengan informasi lebih detail mengenai pendidikan, pengalaman kerja, dan referensi yang dapat dihubungi. Saya juga siap untuk menghadiri wawancara atau tes yang mungkin diperlukan.

Demikian surat permohonan ini saya sampaikan. Saya berharap dapat diberikan kesempatan untuk bertemu dan berdiskusi lebih lanjut mengenai potensi kerjasama ini.

Hormat saya,

[Nama Anda]

Dengan menggunakan contoh surat setengah resmi di atas, diharapkan dapat memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai struktur, gaya penulisan, dan pilihan kata yang tepat dalam surat setengah resmi.

(Artikel ini hanya sebagai panduan umum, disesuaikan dengan kebutuhan dan konteks yang relevan.)

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer