Ads - After Header

Contoh Surat Pengalaman Kerja Yang Dibuat Sendiri

Dani M Iskandar

Surat pengalaman kerja adalah salah satu dokumen penting yang sering diminta oleh perusahaan saat melamar pekerjaan. Dokumen ini berfungsi untuk memberikan gambaran tentang pengalaman kerja yang telah kita miliki sebelumnya. Dengan adanya surat pengalaman kerja yang baik, pelamar dapat meningkatkan peluang mereka untuk diterima di perusahaan yang diinginkan.

Dalam membuat surat pengalaman kerja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, pastikan format surat yang digunakan sesuai dengan standar yang berlaku. Format yang umum digunakan meliputi salam pembuka, pengenalan diri, pengalaman kerja yang relevan, dan penutup yang baik.

Selain itu, penting juga untuk menjelaskan pengalaman kerja dengan jelas dan terperinci. Sertakan informasi mengenai perusahaan tempat Anda bekerja, jabatan yang diemban, tanggung jawab yang diemban, serta pencapaian yang telah diraih selama bekerja di perusahaan tersebut.

Sebagai contoh, berikut adalah contoh surat pengalaman kerja yang dibuat sendiri:

[Contoh Surat Pengalaman Kerja]

[Alamat Perusahaan]
[Tanggal]

Kepada Yth,
[Nama Perusahaan]
[Alamat Perusahaan]

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama: [Nama Anda]
Alamat: [Alamat Anda]
Telepon: [Nomor Telepon Anda]
Email: [Alamat Email Anda]

Dengan ini menyatakan bahwa saya telah bekerja di perusahaan [Nama Perusahaan] selama [Durasi Kerja]. Selama bekerja di perusahaan tersebut, saya menjabat sebagai [Jabatan Anda] dan bertanggung jawab atas [Tanggung Jawab Anda].

Selama bekerja di [Nama Perusahaan], saya telah berhasil mencapai beberapa pencapaian yang signifikan. Beberapa di antaranya adalah:

- [Pencapaian 1]
- [Pencapaian 2]
- [Pencapaian 3]

Saya merasa bangga dan bersyukur telah mendapatkan kesempatan untuk bekerja di perusahaan yang luar biasa ini. Pengalaman kerja yang saya dapatkan di sini telah membantu saya mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang sangat berharga.

Demikianlah surat pengalaman kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan dapat dipertanggungjawabkan. Saya siap memberikan informasi lebih lanjut atau menjalani proses verifikasi yang diperlukan.

Atas perhatian dan kerjasamanya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

[Tanda Tangan]
[Nama Anda]

Dengan mengikuti contoh di atas, Anda dapat membuat surat pengalaman kerja yang sesuai dengan pengalaman dan pencapaian Anda sendiri. Ingatlah untuk selalu menjaga kesesuaian surat dengan pekerjaan yang dilamar, menggunakan bahasa yang jelas dan ringkas, serta menghindari kesalahan umum dalam penulisan surat.

Dalam bagian selanjutnya, akan dibahas lebih lanjut mengenai format dan tips untuk menulis surat pengalaman kerja yang efektif.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer