Ads - After Header

Contoh Surat Pengajuan Resign

Dani M Iskandar

Menjadi karyawan yang profesional berarti juga memiliki tanggung jawab untuk mengajukan surat pengunduran diri dengan tepat. Pengunduran diri yang dilakukan dengan baik tidak hanya mencerminkan integritas pribadi, tetapi juga dapat mempengaruhi reputasi dan hubungan dengan perusahaan. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara mengajukan surat pengunduran diri yang profesional dan efektif.

Ketika seseorang memutuskan untuk mengundurkan diri dari pekerjaannya, ada beberapa langkah penting yang perlu diikuti. Pertama, tentukanlah tanggal pengunduran diri Anda. Pilihlah waktu yang memadai untuk memberikan pemberitahuan kepada perusahaan dan memungkinkan mereka untuk mencari pengganti yang sesuai. Biasanya, memberikan pemberitahuan minimal dua minggu sebelum tanggal pengunduran diri dianggap sebagai tindakan yang sopan.

Setelah menentukan tanggal pengunduran diri, langkah berikutnya adalah menulis surat pengunduran diri. Surat ini harus ditulis dengan jelas, singkat, dan profesional. Jelaskan dengan tegas niat Anda untuk mengundurkan diri dan sampaikan rasa terima kasih kepada perusahaan atas kesempatan yang telah diberikan. Sertakan juga informasi penting seperti tanggal efektif pengunduran diri dan kontak yang dapat dihubungi.

Sebagai contoh, berikut adalah contoh surat pengajuan resign yang baik dan profesional:

[Contoh Surat Pengajuan Resign]

[Alamat Anda]
[Tanggal]

[Alamat Perusahaan]
Attn: [Nama Atasan]
[Posisi Atasan]
[Perusahaan]

Dengan hormat,

Saya, [Nama Anda], dengan ini mengajukan pengunduran diri dari posisi saya sebagai [Posisi Anda] di [Perusahaan]. Saya ingin memberikan pemberitahuan bahwa tanggal efektif pengunduran diri saya akan menjadi [Tanggal Efektif Pengunduran Diri].

Saya ingin mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk bekerja di [Perusahaan]. Saya sangat menghargai pengalaman dan pengetahuan yang saya peroleh selama bekerja di sini. Saya yakin bahwa pengalaman ini akan memberikan kontribusi positif bagi perkembangan karier saya di masa depan.

Saya siap untuk membantu dalam proses transisi ini dengan cara yang saya bisa. Mohon beri tahu saya jika ada langkah-langkah yang perlu saya ambil untuk memastikan kelancaran pergantian tugas kepada pengganti saya.

Sekali lagi, saya ingin menyampaikan rasa terima kasih saya yang tulus atas kesempatan ini dan harapan saya agar [Perusahaan] terus mencapai kesuksesan di masa depan.

Hormat saya,

[Nama Anda]

Dalam contoh surat tersebut, perhatikan penggunaan bahasa yang sopan dan penggunaan kalimat yang jelas. Pastikan untuk menyesuaikan surat dengan situasi dan kebutuhan pribadi Anda. Selain itu, pastikan untuk memberikan salinan surat pengunduran diri kepada atasan Anda dan menyimpan salinan untuk catatan pribadi.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini dan menggunakan contoh surat pengunduran diri yang tepat, Anda dapat mengajukan pengunduran diri dengan profesionalisme dan menjaga hubungan yang baik dengan perusahaan.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer