Ads - After Header

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Bahasa Inggris Kelas 12

Dani M Iskandar

Surat lamaran pekerjaan merupakan salah satu dokumen penting yang harus disiapkan saat mencari pekerjaan. Bagi siswa kelas 12 yang sedang belajar bahasa Inggris, menulis surat lamaran pekerjaan dalam bahasa Inggris bisa menjadi tantangan tersendiri. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dibahas secara lengkap mengenai contoh surat lamaran pekerjaan dalam bahasa Inggris, beserta panduan dan tips praktis untuk menulisnya dengan baik.

Surat lamaran pekerjaan dalam bahasa Inggris memiliki struktur yang mirip dengan surat lamaran dalam bahasa Indonesia. Namun, terdapat beberapa perbedaan penting yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah penggunaan bahasa formal dan tata bahasa yang benar.

Pertama-tama, mari kita bahas struktur umum dari surat lamaran pekerjaan dalam bahasa Inggris. Surat ini biasanya dimulai dengan salam pembuka yang ditujukan kepada penerima surat. Kemudian, dilanjutkan dengan pengenalan diri, di mana kita menyebutkan nama, alamat, dan kontak yang bisa dihubungi.

Setelah itu, kita perlu menjelaskan tujuan dari surat lamaran ini, yaitu mengapa kita tertarik dengan posisi pekerjaan yang sedang dibuka. Di bagian ini, kita dapat menyebutkan latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja yang relevan dengan pekerjaan yang diinginkan.

Selanjutnya, kita dapat menyoroti keahlian dan kualifikasi yang dimiliki yang dapat mendukung pelamar dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab di posisi tersebut. Penting untuk menjelaskan secara jelas mengapa kita cocok untuk posisi tersebut dan apa yang dapat kita kontribusikan kepada perusahaan.

Terakhir, surat lamaran pekerjaan dalam bahasa Inggris biasanya ditutup dengan kalimat penutup yang sopan, diikuti dengan tanda tangan dan nama lengkap. Pastikan untuk menyertakan kontak yang dapat dihubungi, seperti nomor telepon atau alamat email.

Dalam contoh surat lamaran pekerjaan yang akan diberikan nanti, akan dijelaskan secara rinci setiap bagian surat dan diberikan penjelasan mengapa setiap bagian penting. Contoh surat tersebut juga akan relevan dengan pekerjaan yang diinginkan oleh siswa kelas 12.

Selanjutnya, mari kita bahas beberapa tips praktis dalam menulis surat lamaran pekerjaan dalam bahasa Inggris. Dengan mengikuti tips ini, diharapkan surat lamaran yang ditulis dapat lebih menarik perhatian perekrut dan meningkatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Jadi, simak terus artikel ini untuk mendapatkan panduan lengkap dan contoh surat lamaran pekerjaan dalam bahasa Inggris yang dapat membantu siswa kelas 12 dalam menulis surat lamaran pekerjaan yang efektif dan profesional.

Struktur Surat Lamaran Pekerjaan

Setelah memahami pentingnya menulis surat lamaran pekerjaan dalam bahasa Inggris, saatnya kita membahas struktur umum dari surat lamaran tersebut. Memahami struktur ini akan membantu kita dalam menyusun surat lamaran pekerjaan yang efektif dan terorganisir.

1. Salam Pembuka

Pada bagian salam pembuka, kita perlu memberikan salam yang sopan kepada penerima surat. Biasanya, salam pembuka yang umum digunakan adalah "Dear [Nama Penerima Surat]". Jika kita tidak mengetahui nama penerima surat, kita dapat menggunakan salam umum seperti "To Whom It May Concern" atau "Dear Hiring Manager".

2. Pengenalan Diri

Setelah salam pembuka, langkah selanjutnya adalah memperkenalkan diri. Pada bagian ini, kita perlu menyebutkan nama lengkap, alamat, dan kontak yang bisa dihubungi. Pastikan informasi yang diberikan jelas dan akurat.

3. Tujuan Surat

Setelah pengenalan diri, kita perlu menjelaskan tujuan dari surat lamaran ini. Jelaskan dengan singkat mengapa kita tertarik dengan posisi pekerjaan yang sedang dibuka dan bagaimana kita mengetahui tentang lowongan tersebut. Misalnya, kita dapat menyebutkan bahwa kita mengetahui lowongan tersebut melalui iklan di media sosial atau rekomendasi dari seseorang.

4. Pengalaman Kerja dan Pendidikan

Bagian ini merupakan kesempatan untuk menjelaskan latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja yang relevan dengan posisi pekerjaan yang diinginkan. Jelaskan secara singkat mengenai pendidikan terakhir yang telah kita selesaikan dan pengalaman kerja yang dapat mendukung kemampuan dan kualifikasi kita.

5. Keahlian dan Kualifikasi

Pada bagian ini, kita perlu menyoroti keahlian dan kualifikasi yang dimiliki yang dapat mendukung pelamar dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab di posisi tersebut. Jelaskan dengan jelas mengapa kita cocok untuk posisi tersebut dan apa yang dapat kita kontribusikan kepada perusahaan.

6. Penutup

Terakhir, surat lamaran pekerjaan dalam bahasa Inggris perlu ditutup dengan kalimat penutup yang sopan. Beberapa contoh kalimat penutup yang umum digunakan antara lain "Thank you for considering my application" atau "I look forward to the opportunity to discuss further". Setelah kalimat penutup, jangan lupa untuk menandatangani surat dengan nama lengkap dan menyertakan kontak yang dapat dihubungi.

Dengan memahami struktur umum dari surat lamaran pekerjaan dalam bahasa Inggris, kita dapat menyusun surat dengan lebih terstruktur dan terorganisir. Namun, perlu diingat bahwa struktur ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan persyaratan dari perusahaan yang dituju.

Selanjutnya, dalam bagian selanjutnya, akan diberikan contoh surat lamaran pekerjaan dalam bahasa Inggris yang lengkap dengan penjelasan setiap bagiannya. Contoh surat tersebut akan relevan dengan pekerjaan yang diinginkan oleh siswa kelas 12.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer