Ads - After Header

Contoh Surat Lamaran Lewat Email

Dani M Iskandar

Pada era digital yang semakin maju seperti sekarang ini, mengirim surat lamaran melalui email telah menjadi suatu hal yang umum dilakukan oleh para pencari kerja. Metode ini memberikan kemudahan dan efisiensi dalam mengirimkan dokumen penting kepada perusahaan yang dituju. Dengan begitu, para pencari kerja dapat menghemat waktu dan biaya yang sebelumnya diperlukan untuk mencetak dan mengirim surat lamaran secara fisik.

Namun, meskipun mengirim surat lamaran melalui email terdengar sederhana, tetap ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar surat lamaran Anda dapat mencapai tujuan dengan baik. Artikel ini akan memberikan panduan lengkap dan praktis dalam menulis dan mengirim surat lamaran melalui email. Anda akan mendapatkan tips dan trik yang berguna, serta contoh surat lamaran yang dapat dijadikan referensi untuk meningkatkan peluang Anda dalam mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencantumkan subjek email yang jelas dan menarik. Subjek email yang baik akan membuat penerima tertarik untuk membuka dan membaca surat lamaran Anda. Hindari subjek email yang terlalu umum seperti "Surat Lamaran" atau "Lamaran Pekerjaan". Sebaliknya, gunakan subjek email yang spesifik dan mencerminkan tujuan Anda, misalnya "Lamaran Pekerjaan: Pengalaman Kerja di Bidang Marketing".

Selanjutnya, pastikan Anda menyertakan salam pembuka yang tepat. Jika Anda mengetahui nama penerima surat, gunakan salam yang sesuai seperti "Bapak/Ibu [Nama Penerima]". Namun, jika Anda tidak mengetahui nama penerima, Anda dapat menggunakan salam umum seperti "Bapak/Ibu HRD" atau "Tim Rekrutmen". Hal ini menunjukkan bahwa Anda telah melakukan penelitian dan memberikan kesan profesional dalam surat lamaran Anda.

Dalam isi surat, gambarkan pengalaman kerja Anda dengan detail. Jelaskan secara singkat tentang pekerjaan sebelumnya yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. Sertakan pencapaian yang telah Anda raih dan bagaimana pengalaman tersebut dapat memberikan kontribusi positif bagi perusahaan yang Anda tuju. Gunakan bahasa yang jelas dan ringkas agar penerima surat dapat dengan mudah memahami informasi yang Anda sampaikan.

Terakhir, tutup surat dengan kalimat penutup yang sopan dan ramah. Sampaikan apresiasi Anda atas waktu dan perhatian yang diberikan oleh penerima surat. Jangan lupa untuk menyertakan informasi kontak Anda, seperti nomor telepon dan alamat email, agar perusahaan dapat dengan mudah menghubungi Anda untuk proses selanjutnya.

Dengan mengikuti panduan ini, Anda akan dapat menulis dan mengirim surat lamaran melalui email dengan lebih percaya diri. Artikel ini akan terus memberikan tips dan contoh surat lamaran yang berguna dalam meningkatkan kualitas dan kesempatan Anda dalam mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Selamat mencoba!

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer