Ads - After Header

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email

Dani M Iskandar

Surat lamaran kerja merupakan langkah awal yang penting bagi para pencari kerja untuk memperoleh pekerjaan yang diinginkan. Dalam era digital seperti sekarang, pengiriman surat lamaran kerja melalui email menjadi pilihan yang umum. Proses ini memungkinkan para pelamar untuk mengirimkan lamaran mereka dengan cepat dan efisien, tanpa harus mengirim melalui pos atau datang langsung ke perusahaan.

Namun, meskipun pengiriman surat lamaran kerja via email terlihat lebih praktis, tetap diperlukan kehati-hatian dan perhatian terhadap detail. Hal ini karena surat lamaran kerja melalui email juga harus memberikan kesan yang baik kepada penerima. Oleh karena itu, penting bagi para pencari kerja untuk memahami cara menulis surat lamaran kerja via email dengan benar.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara menulis surat lamaran kerja via email yang efektif. Kami juga akan menyertakan contoh surat lamaran kerja melalui email untuk memberikan gambaran yang lebih jelas. Dengan mengikuti panduan ini, diharapkan para pencari kerja dapat meningkatkan peluang mereka untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Jadi, jika Anda sedang mencari pekerjaan dan ingin mengirimkan surat lamaran kerja melalui email, simaklah panduan ini dengan seksama. Dapatkan tips dan contoh yang berguna untuk membuat surat lamaran kerja Anda menonjol di antara pelamar lainnya.

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja via Email

Setelah memahami pentingnya pengiriman surat lamaran kerja melalui email, langkah selanjutnya adalah mengetahui cara menulis surat lamaran kerja via email yang efektif. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti:

1. Subjek Email yang Menarik Perhatian

Pertama-tama, perhatikan subjek email yang Anda gunakan. Subjek email yang menarik perhatian akan membuat penerima tertarik untuk membuka dan membaca surat lamaran Anda. Usahakan untuk menggunakan subjek email yang singkat, jelas, dan mencerminkan tujuan utama surat lamaran Anda. Misalnya, "Lamaran Kerja – [Posisi yang Dilamar] – [Nama Anda]".

2. Salam Pembuka yang Tepat

Salam pembuka dalam surat lamaran kerja via email sebaiknya tetap formal dan profesional. Gunakan salam seperti "Bapak/Ibu [Nama Penerima]" atau "Hormat Kami". Jika Anda sudah memiliki kontak yang lebih akrab dengan penerima, Anda dapat menggunakan salam yang lebih santai, tetapi tetap menjaga kesopanan.

3. Penulisan Paragraf yang Jelas dan Terstruktur

Dalam penulisan surat lamaran kerja via email, pastikan setiap paragraf memiliki tujuan dan isi yang jelas. Mulailah dengan pengenalan diri singkat, termasuk nama, pendidikan, dan pengalaman kerja yang relevan. Kemudian, jelaskan mengapa Anda tertarik dengan posisi yang dilamar dan bagaimana Anda dapat memberikan kontribusi bagi perusahaan.

4. Penutup yang Profesional

Sebelum mengakhiri surat lamaran kerja via email, berikan penutup yang profesional. Sampaikan apresiasi Anda atas kesempatan untuk melamar pekerjaan tersebut dan ungkapkan harapan Anda untuk dapat berdiskusi lebih lanjut dalam proses seleksi. Jangan lupa untuk menyertakan informasi kontak Anda, seperti nomor telepon dan alamat email, agar penerima dapat dengan mudah menghubungi Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menulis surat lamaran kerja via email yang efektif dan memberikan kesan positif kepada penerima. Selanjutnya, mari kita lihat contoh surat lamaran kerja via email yang dapat Anda gunakan sebagai referensi dalam menulis surat lamaran Anda.

Contoh Surat Lamaran Kerja via Email

Berikut ini adalah contoh surat lamaran kerja via email yang dapat Anda gunakan sebagai referensi dalam menulis surat lamaran Anda:

Subject: Lamaran Kerja - Marketing Executive - Nama Anda

Kepada,
Bapak/Ibu HRD PT Contoh Perusahaan
Jl. Contoh Alamat Perusahaan
Kota Contoh

Dengan hormat,

Saya, Nama Anda, dengan ini mengajukan lamaran untuk posisi Marketing Executive yang sedang dibuka di PT Contoh Perusahaan. Saya tertarik dengan perusahaan yang terkenal dengan reputasi yang baik dalam industri ini, dan saya yakin bahwa pengalaman dan keterampilan saya dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi perusahaan.

Saya lulusan S1 Jurusan Pemasaran dari Universitas Contoh dengan pengalaman kerja selama dua tahun di bidang pemasaran. Selama bekerja di perusahaan sebelumnya, saya telah berhasil mengembangkan dan melaksanakan strategi pemasaran yang efektif, meningkatkan visibilitas merek, dan meningkatkan penjualan. Saya memiliki pemahaman yang baik tentang pasar dan tren terkini dalam industri ini.

Saya tertarik dengan posisi Marketing Executive di PT Contoh Perusahaan karena saya percaya bahwa perusahaan ini menawarkan lingkungan kerja yang dinamis dan peluang untuk berkembang. Saya memiliki kemampuan dalam merencanakan dan melaksanakan kampanye pemasaran yang kreatif, serta kemampuan untuk bekerja dalam tim dengan baik. Saya juga memiliki keterampilan komunikasi yang baik dan mampu beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan.

Saya sangat antusias untuk bergabung dengan tim PT Contoh Perusahaan dan berkontribusi dalam mencapai tujuan perusahaan. Saya siap untuk menghadapi tantangan baru dan belajar hal-hal baru yang dapat memperluas pengetahuan dan keterampilan saya.

Terlampir dalam email ini, saya sertakan CV dan portofolio saya yang lebih rinci mengenai pengalaman kerja dan prestasi yang telah saya capai. Saya berharap dapat diberikan kesempatan untuk bertemu dan berdiskusi lebih lanjut mengenai kontribusi yang dapat saya berikan kepada PT Contoh Perusahaan.

Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu. Saya sangat menghargai waktu dan kesempatan ini. Saya berharap dapat mendengar kabar baik dari Bapak/Ibu segera.

Hormat saya,

Nama Anda
Nomor Telepon: 08123456789
Email: [email protected]

Dalam contoh surat lamaran kerja via email di atas, perhatikan penggunaan salam pembuka yang tepat, penulisan paragraf yang jelas dan terstruktur, serta penutup yang profesional. Pastikan untuk menyesuaikan konten surat dengan informasi pribadi Anda dan posisi yang Anda lamar.

Dengan menggunakan contoh surat lamaran kerja via email ini sebagai panduan, Anda dapat membuat surat lamaran yang menarik dan efektif untuk meningkatkan peluang Anda dalam mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Tips dan Kesalahan Umum

Dalam mengirim surat lamaran kerja via email, terdapat beberapa tips yang dapat membantu Anda meningkatkan kesempatan untuk mendapatkan perhatian penerima. Berikut ini adalah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan:

  1. Perhatikan Format dan Ukuran File: Pastikan bahwa file surat lamaran Anda memiliki format yang umum digunakan, seperti PDF atau Microsoft Word. Selain itu, perhatikan juga ukuran file agar tidak terlalu besar dan sulit diunduh oleh penerima.

  2. Periksa Kembali Isi Surat: Sebelum mengirim surat lamaran, pastikan untuk memeriksa kembali kesalahan penulisan, tata bahasa, dan ejaan. Gunakan alat bantu seperti spell check untuk memastikan surat lamaran Anda bebas dari kesalahan.

  3. Personalisasi Surat: Usahakan untuk menyesuaikan surat lamaran dengan perusahaan yang Anda lamar. Sertakan informasi yang relevan tentang perusahaan dan posisi yang Anda inginkan. Hal ini akan menunjukkan minat dan komitmen Anda terhadap perusahaan tersebut.

  4. Jaga Kesantunan dan Profesionalisme: Selalu menjaga kesantunan dan profesionalisme dalam penulisan surat lamaran. Hindari penggunaan bahasa yang terlalu informal atau slang. Gunakan bahasa yang sopan dan sesuai dengan konteks.

  5. Lampirkan Dokumen Pendukung: Jika ada dokumen pendukung seperti sertifikat, transkrip nilai, atau portofolio, pastikan untuk melampirkannya dalam email. Namun, pastikan bahwa lampiran tersebut relevan dengan posisi yang Anda lamar dan tidak terlalu banyak.

Selain tips-tips di atas, ada juga beberapa kesalahan umum yang perlu dihindari dalam mengirim surat lamaran kerja via email. Beberapa kesalahan tersebut antara lain:

  • Mengabaikan instruksi yang diberikan oleh perusahaan terkait pengiriman surat lamaran.
  • Mengirim surat lamaran tanpa melampirkan CV atau dokumen pendukung lainnya.
  • Mengirim surat lamaran dengan format atau tata bahasa yang tidak rapi.
  • Menggunakan bahasa yang terlalu informal atau tidak sesuai dengan konteks.
  • Mengirim surat lamaran dengan subjek email yang tidak relevan atau tidak jelas.

Dengan menghindari kesalahan-kesalahan tersebut dan menerapkan tips-tips yang telah disebutkan sebelumnya, Anda dapat meningkatkan kualitas surat lamaran kerja via email Anda dan meningkatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Penutup

Dalam artikel ini, kami telah membahas panduan lengkap tentang cara menulis surat lamaran kerja via email yang efektif. Kami juga menyertakan contoh surat lamaran kerja melalui email sebagai referensi. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Penting untuk diingat bahwa setiap surat lamaran kerja harus disesuaikan dengan posisi yang Anda lamar dan perusahaan yang Anda tuju. Selain itu, pastikan untuk menjaga kesantunan, profesionalisme, dan ketepatan dalam penulisan surat lamaran Anda.

Jika Anda mengikuti panduan ini dengan seksama, kami yakin Anda akan dapat menulis surat lamaran kerja via email yang menarik perhatian penerima dan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan panggilan wawancara.

Terakhir, jangan lupa untuk selalu memeriksa kembali surat lamaran Anda sebelum mengirimkannya. Periksa kesalahan penulisan, tata bahasa, dan pastikan bahwa semua informasi yang diperlukan telah disertakan dengan benar.

Kami berharap Anda sukses dalam mencari pekerjaan dan semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau membutuhkan bantuan, jangan ragu untuk menghubungi kami.

Selamat mencoba dan semoga sukses dalam perjalanan karier Anda!

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer