Ads - After Header

Contoh Surat Informal Dalam Bahasa Inggris

Dani M Iskandar

Menulis surat informal dalam bahasa Inggris merupakan keterampilan yang penting untuk dikuasai. Surat informal adalah jenis surat yang digunakan untuk berkomunikasi secara santai dan tidak terlalu formal dengan teman, keluarga, atau orang-orang yang kita kenal dengan baik. Dalam surat informal, kita dapat mengekspresikan pikiran, perasaan, dan pengalaman kita dengan lebih bebas.

Surat informal memiliki ciri khas dalam gaya penulisan yang digunakan. Gaya penulisan dalam surat informal lebih santai, ramah, dan tidak terlalu kaku seperti dalam surat resmi. Pilihan kata yang digunakan juga lebih bebas, sehingga kita dapat mengekspresikan diri dengan lebih spontan dan alami.

Dalam menulis surat informal dalam bahasa Inggris, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, kita perlu memperhatikan salam pembuka yang digunakan. Salam pembuka dalam surat informal biasanya lebih santai, seperti "Hi", "Hello", atau "Dear [nama teman]". Selain itu, kita juga dapat menggunakan panggilan akrab seperti "Hey" atau "Yo" jika sesuai dengan hubungan kita dengan penerima surat.

Selanjutnya, dalam surat informal, kita dapat langsung memulai dengan pengenalan diri atau topik pembicaraan tanpa harus menggunakan kalimat formal seperti dalam surat resmi. Kita dapat menggunakan bahasa yang lebih santai dan alami, seperti penggunaan kata-kata sehari-hari dan ungkapan yang biasa kita gunakan dalam percakapan sehari-hari.

Pada bagian penutup surat informal, kita dapat menggunakan salam penutup yang lebih santai dan akrab seperti "Best regards", "Take care", atau "Cheers". Selain itu, kita juga dapat menambahkan pesan singkat atau harapan yang ingin kita sampaikan kepada penerima surat.

Dengan menguasai keterampilan menulis surat informal dalam bahasa Inggris, kita dapat lebih mudah berkomunikasi secara santai dengan orang-orang di lingkungan sekitar kita. Keterampilan ini juga berguna dalam berbagai situasi, seperti menulis surat kepada teman yang tinggal di luar negeri, mengirim pesan kepada saudara yang jauh, atau berbagi cerita dengan teman-teman dekat.

Selanjutnya, kita akan melihat contoh surat informal dalam bahasa Inggris untuk memberikan gambaran lebih jelas tentang gaya penulisan dan struktur surat informal.

Tips Menulis Surat Informal dalam Bahasa Inggris

Dalam menulis surat informal dalam bahasa Inggris, terdapat beberapa tips yang dapat membantu kita menghasilkan surat yang efektif dan menyenangkan untuk dibaca. Berikut adalah beberapa tips yang perlu diperhatikan:

  1. Gunakan Bahasa yang Santai dan Ramah: Dalam surat informal, kita dapat menggunakan bahasa yang lebih santai dan ramah. Hindari penggunaan kalimat formal yang terlalu kaku. Gunakan kata-kata sehari-hari dan ungkapan yang biasa kita gunakan dalam percakapan sehari-hari. Hal ini akan membuat surat terasa lebih alami dan mudah dipahami oleh penerima surat.

  2. Tunjukkan Keakraban dengan Penerima Surat: Jika kita menulis surat kepada teman atau keluarga, tunjukkan keakraban dengan menggunakan panggilan akrab atau julukan yang biasa digunakan antara kita dan penerima surat. Hal ini akan menciptakan suasana yang lebih hangat dan personal dalam surat.

  3. Jaga Kesopanan: Meskipun surat informal memiliki gaya penulisan yang santai, tetaplah menjaga kesopanan dalam penggunaan kata-kata. Hindari penggunaan kata-kata kasar atau tidak pantas dalam surat. Tetap berkomunikasi dengan sopan dan menghormati penerima surat.

  4. Sesuaikan Gaya Penulisan dengan Hubungan: Gaya penulisan dalam surat informal dapat disesuaikan dengan hubungan kita dengan penerima surat. Jika surat ditujukan kepada teman dekat, kita dapat menggunakan gaya penulisan yang lebih santai dan bebas. Namun, jika surat ditujukan kepada orang yang lebih senior atau atasan, tetaplah menjaga kesopanan dan menggunakan bahasa yang lebih formal meskipun dalam konteks surat informal.

  5. Tambahkan Sentuhan Pribadi: Surat informal memberikan kebebasan bagi kita untuk mengekspresikan diri dengan lebih bebas. Tambahkan sentuhan pribadi dalam surat, seperti cerita atau pengalaman pribadi yang relevan dengan topik pembicaraan. Hal ini akan membuat surat lebih menarik dan personal.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, kita dapat menulis surat informal dalam bahasa Inggris dengan lebih lancar dan efektif. Ingatlah untuk tetap santai, ramah, dan menunjukkan keakraban dalam gaya penulisan kita. Selanjutnya, mari kita lihat contoh surat informal dalam bahasa Inggris untuk memberikan gambaran yang lebih jelas tentang penerapan tips-tips ini.

Contoh Surat Informal dalam Bahasa Inggris

Berikut adalah contoh surat informal dalam bahasa Inggris yang dapat memberikan gambaran tentang gaya penulisan dan struktur surat informal:

Hi Sarah,

How are you? I hope this letter finds you in good health and high spirits. It has been a while since we last caught up, and I thought it would be nice to write you a letter to share some exciting news.

Guess what? I finally got accepted into the university of my dreams! I couldn't be more thrilled and grateful for this opportunity. I remember how we used to talk about our dreams and aspirations during our high school days, and it feels amazing to see one of those dreams turning into reality.

The application process was quite challenging, but with the support and encouragement from friends like you, I managed to overcome the obstacles. I wanted to express my heartfelt gratitude for always believing in me and being there through thick and thin.

I can't wait to embark on this new chapter of my life and pursue my passion for [insert field of study]. I know it won't be easy, but I am ready to face the challenges and make the most out of this incredible opportunity. I would love to hear about your own adventures and future plans as well.

Please give my regards to your family. I miss our late-night conversations and laughter-filled hangouts. Let's plan a get-together soon and catch up properly. I am sure we have countless stories to share and memories to create.

Take care, my dear friend. I am grateful to have you in my life, and I look forward to staying connected and supporting each other in our respective journeys.

Sending you lots of love and warm hugs,

[Your Name]

Dalam contoh surat informal di atas, kita dapat melihat penggunaan bahasa yang santai, pengenalan diri, berbagi kabar gembira, dan mengekspresikan rasa terima kasih kepada penerima surat. Surat ini menciptakan suasana yang hangat dan akrab antara penulis dan penerima surat.

Dengan melihat contoh surat ini, diharapkan dapat memberikan inspirasi dan panduan dalam menulis surat informal dalam bahasa Inggris. Selanjutnya, mari kita lanjutkan dengan bagian selanjutnya untuk mengeksplorasi lebih banyak contoh dan tips menulis surat informal yang berguna.

Kesimpulan

Menulis surat informal dalam bahasa Inggris adalah keterampilan yang berharga dan bermanfaat dalam berkomunikasi dengan teman, keluarga, dan orang-orang terdekat. Dalam surat informal, kita dapat mengekspresikan diri dengan lebih bebas dan santai, menciptakan hubungan yang lebih akrab dan personal.

Dalam artikel ini, kita telah membahas pentingnya menguasai keterampilan menulis surat informal dalam bahasa Inggris. Kita telah melihat bagaimana gaya penulisan yang santai, penggunaan bahasa yang ramah, dan penyesuaian dengan hubungan dapat meningkatkan efektivitas surat informal kita.

Selain itu, kita juga telah melihat contoh surat informal dalam bahasa Inggris yang memberikan gambaran tentang struktur dan gaya penulisan yang tepat. Contoh tersebut dapat menjadi panduan dan inspirasi dalam menulis surat informal yang efektif dan menyenangkan.

Dengan mempraktikkan tips-tips yang telah dibahas dan terus melatih keterampilan menulis, kita dapat menjadi lebih percaya diri dalam menulis surat informal dalam bahasa Inggris. Keterampilan ini akan membantu kita dalam berbagai situasi, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam hubungan pribadi dan profesional.

Jadi, mari terus berlatih dan mengasah keterampilan menulis surat informal dalam bahasa Inggris. Dengan begitu, kita dapat memperkuat ikatan dengan orang-orang terdekat dan menjalin komunikasi yang lebih akrab dan bermakna.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga informasi dan contoh yang telah disajikan dapat bermanfaat bagi Anda dalam mengembangkan keterampilan menulis surat informal dalam bahasa Inggris. Selamat menulis, dan sampai jumpa di artikel-artikel berikutnya!

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer