Ads - After Header

Contoh Surat Tidak Masuk Kerja

Dani M Iskandar

Menulis surat tidak masuk kerja merupakan hal yang penting untuk dilakukan ketika kita tidak dapat hadir di tempat kerja. Surat ini berfungsi sebagai pemberitahuan kepada atasan mengenai alasan ketidakhadiran kita. Namun, seringkali banyak pekerja yang bingung bagaimana cara menulis surat tidak masuk kerja yang baik dan benar.

Pertama-tama, penting untuk mencantumkan alasan yang jelas dan valid mengapa kita tidak bisa masuk kerja. Misalnya, jika kita sedang sakit, sebaiknya sertakan informasi mengenai jenis penyakit yang diderita dan rekomendasi dari dokter. Jika ada keperluan keluarga mendesak, jelaskan dengan singkat dan jelas apa yang menjadi urgensi dari keperluan tersebut.

Selain itu, penting juga untuk menggunakan bahasa yang sopan dan profesional dalam surat tidak masuk kerja. Hindari penggunaan bahasa yang terlalu informal atau santai. Gunakan kata-kata yang sopan dan hormat kepada atasan, seperti "Mohon maaf atas ketidakhadiran saya" atau "Saya dengan hormat ingin memberitahukan bahwa saya tidak dapat hadir di tempat kerja pada tanggal yang telah ditentukan."

Selanjutnya, pastikan juga untuk mencantumkan informasi penting seperti tanggal ketidakhadiran, tanggal kembali bekerja, dan nomor kontak yang dapat dihubungi. Hal ini akan memudahkan atasan atau rekan kerja untuk menghubungi kita jika ada hal yang mendesak atau perlu dikomunikasikan.

Dalam menulis surat tidak masuk kerja, perhatikan juga format yang benar. Gunakan format surat resmi dengan mencantumkan alamat pengirim dan penerima, serta salam pembuka dan penutup yang sesuai. Jangan lupa untuk menandatangani surat tersebut sebagai tanda keseriusan dan kejujuran kita.

Dengan mengikuti panduan-panduan di atas, kita dapat menulis surat tidak masuk kerja yang baik dan profesional. Berikutnya, kami akan memberikan contoh surat tidak masuk kerja yang dapat menjadi referensi bagi Anda.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer