Ads - After Header

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kuliah

Dani M Iskandar

Menulis surat izin tidak masuk kuliah merupakan hal yang penting bagi mahasiswa. Surat izin ini diperlukan ketika ada keadaan atau situasi yang membuat mahasiswa tidak dapat hadir dalam perkuliahan. Universitas atau perguruan tinggi biasanya memiliki aturan dan prosedur tertentu yang harus diikuti dalam penulisan surat izin ini.

Ada beberapa alasan yang dapat diterima oleh universitas atau perguruan tinggi sebagai alasan tidak masuk kuliah. Salah satunya adalah alasan kesehatan, seperti sakit yang membutuhkan istirahat atau perawatan medis. Selain itu, kepentingan keluarga juga dapat menjadi alasan yang diterima, seperti ada acara keluarga yang penting atau keadaan darurat di rumah. Alasan lain yang dapat diterima adalah adanya acara atau kegiatan penting di luar perkuliahan yang berkaitan dengan pengembangan diri atau kegiatan akademik lainnya.

Dalam menulis surat izin tidak masuk kuliah, terdapat beberapa langkah yang perlu diikuti agar surat izin tersebut efektif. Pertama, pastikan untuk menggunakan format surat yang benar, termasuk tanggal, alamat pengirim, alamat penerima, dan salam pembuka yang sesuai. Selanjutnya, jelaskan dengan jelas alasan tidak dapat hadir dalam perkuliahan dan berikan informasi yang relevan, seperti tanggal dan waktu yang terkena dampak.

Penting juga untuk menggunakan gaya penulisan yang sopan dan menghormati. Hindari penggunaan bahasa yang terlalu informal atau kasual. Pilihan kata harus jelas dan mudah dipahami oleh pihak yang membaca surat izin tersebut. Selain itu, pastikan untuk mencantumkan informasi kontak yang dapat dihubungi, seperti nomor telepon atau alamat email, agar pihak universitas atau perguruan tinggi dapat menghubungi mahasiswa jika diperlukan.

Berikut ini adalah contoh surat izin tidak masuk kuliah yang baik dan benar:

[Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kuliah]

[Alamat Pengirim]
[Tanggal]

[Alamat Penerima]

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama: [Nama Mahasiswa]
NIM: [Nomor Induk Mahasiswa]

Dengan ini mengajukan permohonan izin tidak dapat hadir dalam perkuliahan pada tanggal [tanggal] karena [alasan tidak masuk kuliah]. Saya mengalami [penyakit/keadaan darurat/kepentingan keluarga] yang membutuhkan perawatan/kehadiran saya.

Saya mohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan dan berjanji akan mengikuti prosedur penggantian materi perkuliahan yang telah disampaikan oleh dosen.

Demikian surat izin ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian dan pengertiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

[Nama Mahasiswa]

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan menggunakan contoh surat izin yang tepat, diharapkan mahasiswa dapat menulis surat izin tidak masuk kuliah yang efektif dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh universitas atau perguruan tinggi.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer